cara sembuhin sendi

 

Suatu saat saya pernah berpapasan dengan seseorang yang bertanya obat jari tangan kaku saat ditekuk dimana ya bisa mendapatkannya…. Lalu antara bingung dan ragu saya menjawab tidak tahu. 

Sampai Kemudian saya jawab tidak tahu karena memang saya tidak tahu sama sekali. mau dicari dimana obat sendi begitu lha wong saya saja tidak lebih hanya tambal ban. tidak tahu hal seperti itu. 

saya pekan depannya sejak peristiwa itu, ada kawan dokter yang datang. namanya zana. Kami pertama kali akrab saat dulu di jakarta. Dia orang minang. 

zana seorang dokter di salah satu RS besar di Jakarta. daripada saya, dia seorang dokter yang dapat saya tanya tentang apapun apalagi tentang sendi. 

Katanya, sendi adalah bagian penting bagi manusia. tanpa adanya sendi, akan sangat sulit bergerak. kenapa? karena sendi berfungsi sebagai penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita bisa bergerak bebas tanpa hambatan. tidak mengalami sakit ketika menekuk, berlari, dan mengerjakan aktivitas lainnya. 

hal itu, kata zana, yang berfungsi sebagai pelumas dengan begitu gerak tulang kita menjadi lancar dan tidak merasa sakit sama sekali. 

lalu saya bilang lagi ke zana, “ Kalau cairan sinovial itu tidak ada bagaimana?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, berkurang sedikit saja menimbulkan sakit yang terasa sangat apalagi tidak ada. 

Itu mengapa peranan sendi itu sangat penting. saat sendi tidak mengalami peradangan, sendi bisa bergerak kemana saja sesuai keinginan. tapi kalau sudah sakit, rasanya mau istirahat saja. tidak mau kemana - mana. 

dan benar saja kalau sendi sudah sakit, aktivitas yang kita kerjakan pun sedikit. pengen melakukan sesuatu kita kesulitan. 

banyak macam rintangannya, ada yang bisa beraktivitas karena ringan, artinya masih bisa bergerak tapi terbatas. ada juga yang benar - benar istirahat total. tidak bisa bergerak dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Gabut juga apa - apa harus gimana. hanya di tempat. semua serba terbatas. gerak pun tidak nyaman. 

 

dan demikianlah peran penting sendi. ternyata sendi memiliki nilai vital untuk diri kita. Dapat melakukan banyak hal sampai saat ini juga karena fungsi sendi kita sesuai tanpa kurang apapun. 

Dengan sendi yang baik ada begitu hal luar biasa yang bisa kita lakukan. pengen pergi kemana ayo saja. 

yang penting sendinya sehat. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak bisa diajak kerjasama. yang seharusnya kita bisa pergi jauh, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum mengupas sendi itu bagaimana, saya mau cerita dahulu tentang zana teman saya ini. Dengan latar belakangnya medis, saya yakin banyak orang terbantu dengannya. 

zana orangnya baik banget. saat pertama kali jumpa, orangnya humble dan lembut ketika senyum merekah. Lebih lagi lagi sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya menjadi lebih manis dan menawan. 

Suara Zana lembut sekali, jika berbicara seolah berbisik tapi jelas. suaranya merdu dan menentramkan. Kalau sudah berbicara, seperti angin yang menerpa wajah kita, nyess dengernya. 

Wajah zana indah sangat bagai terangnya cahaya bulan saat purnama. seterang itu namun tak silaukan mata yang memandang. Dipandang meneduhkan, semakin dipadang semakin bertambah rindu, semakin tinggi kenangannya, semakin harus hati yang merasakannya. 

Sentuhan tangannya lembut, halus budi halus pula tutur kata. Jika menggapai punggung tangan, seolah menggapai sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Suka menolong orang kesusahan, lalu dari tangannya akan memberi tidak seberapa tapi amat berharga 

Kita ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Banyak variabel yang membuat sendi sakit. Tidak cuma satu dua, tapi berbagai sebabnya. Dan kali ini kita akan mengupasnya sebagian. 

Ini Dia penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah mengalami radang sendi? misal pernah sakit sendi tapi tidak tahu apakah sakit yang dirasakan bernama sakit radang sendi atau bukan, kamu dapat mencari tahu pemaparan teman saya ini berikut. 

Peradangan sendi umumnya menyebabkan bengkak dan ada sensasi panas di bagian yang radang. Rasanya campur aduk seperti senut - senut. Seakan darah hanya berhenti disitu, tidak ada siklus. 

Radang sendi bisa terjadi kepada siapa saja. Baik tua, muda dan yang lemah maupun kuat tetap memiliki resiko terkena peradangan sendi. 

Umumnya menyerang yang sudah masuk usia lanjut dan mempunyai pekerjaan berat. 

Yang usianya sudah sampai lanjut berarti orang tua yang usianya sudah diatas 50 tahun keatas. Jika tidak dijaga keseimbang bisa mengalami radang sendi. 

Orang tua seringkali gampang terjatuh. Entah karena hal sepele atau karena daya keseimbangannya yang mulai menurun, Dan juga mereka sangat mudah mengalami radang sendi ini. 

Selain orang tua, orang yang melakukan aktivitas berat juga punya potensi terkena radang sendi ini. Misalnya saja mereka yang berolahraga di cabang atlet angkat besi. 

Bayangkan mengangkat berat segede itu yang capaian bebannya hingga ratusan kilo tapi diangkat tanpa bantuan dan hanya menggunakan tangan kosong. 

Kalau tidak tepat mengangkatnya bisa terkena radang sendi. Dan kalau benar kejadian rasa sakitnya luar biasa. 

Selain olahraga angkat besi, terdapat pula olahraga lari yang beresiko terkena radang sendi. Saat berlari bisa mendadak terkena radang sendi. 

Pebasket juga begitu, punya peluang tinggi terkena radang sendi. Untuk itu tetap perhatikan agar tidak terkena radang sendi. 

Sebab saat orang mengalami r adang sendi, sakit tak tertahankan dan mudah kambuhan. Siapa pun tidak mau terkena sakit yang mudah kambuhan. iya kan?

Inilah makanMakanan Yang Baik Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, tidak sekedar menggunakan obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga merupakan salah satu untuk mengatasi sendi. 

Jika kita sering konsumsi makanan yang mendukung peningkatan dan perbaikan sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, apapun yang ingin kita lakukan pun bisa terpenuhi tanpa kendala. Sebanyak apapun mobilitas kita akan tetap mendukung. 

Jadi, Kalau sejak awal kamu berpikir kalau makanan tidak berpengaruh, maka kamu salah besar. nyatanya apa yang kita makan sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi suatu penyakit. 

Kalau kita sering konsumsi makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun pasti perlahan akan membaik dan terkondisikan. Makanan tersebut juga mengandung zat yang baik untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk kenali apa saja makanan yang mendukung perbaikan untuk sendi. Semoga setelah kamu bisa membedakan jenis makanan apa saja yang baik untuk sendi, kamu dapat mulai mengkonsumsinya. 

Jangan kemudian sudah tahu kalau makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk mengonsumsinya. Jika begitu, lalu apa tujuan tahu makananya itu baik untuk sendi?. Nanti jatuhnya sia - sia dan keluhan sendi pun akan semakin parah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan tetap mengeluh kalau sendi sakit. sedikit - sedikit mengeluh dan mengaduh. Bahkan sampai kesakitan menahan sendi yang bermasalah tersebut akhirnya keluar air mata menahan sakit. 

 

Ini dia makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna semisal anggur, jeruk, strowbery, blueberry dan macam - macam buah lainnya yang bagus untuk sendi. Konsumsi secara rutin salah satu dari banyak buah yang disarankan. 

Senang banget.. makan buah tapi bisa sekaligus mengobati dan mencegah sakit sendi. Mending begitu daripada harus minum obat banyak - banyak. Rasanya pahit, efek sampingnya mengkhawatirkan seperti ginjal dan hati

Buah - buahan itu juga mudah ditemui. Tinggal kita ke pasar atau tempat jual buah pasti ada dimana - mana. Jika kamu tinggal di area pegunungan, buah seperti strabery bisa kamu dapat dengan mudah. 

Adapun buah lain bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti tabulambot dan taruh di depan rumah. Biasanya tabulampot berbuahnya bisa cepat karena cara tanamnya dengan cara di cangkok. 

 

Susu

Selanjutnya konsumsi yang bagus untuk sendi adalah susu. susu bagus untuk sendi dan tulang karena susu mengandung kalsium tinggi.

Konsumsi susu apapun. baik susu kambing maupun susu sapi semua sama saja mengandung kalsium. tapi bagi anda yang tidak tahan laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan diare. terutama anak kecil, susu kambing bersahabat untuk umur tersebut. 

susu kambing juga kadar gizinya mendekati asi. sehingga bagi ibu yang bayinya diberi susu sambung, sebaiknya diberi susu kambing saja dibanding susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, asupan vitamin D menjadi keharusan karena vitamin D sangat dibutuhkan tulang. Fungsi vitamin D untuk menguatkan tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

jangan khawatir cara memperoleh vitamin D karena bisa di dapat dengan mudah dan gratis. Kuncinya, harus rajin. 

Vitamin D diperoleh dari sinar matahari. murah bukan?!

Setiap pagi hari cobalah untuk keluar rumah dari jam 7 - 8 pagi, lalu biarkan sinar matahari mengenaimu pada rentang jam tersebut. 

Tips terbaik menghasilkan vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itulah diantara tips untuk mengatasi keluhan sendi. tidak perlu kesana - kemari mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku saat ditekuk dan obat untuk masalah sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "cara sembuhin sendi"