Sendi dan tidak bisa ditekuk

Suatu saat saya pernah bertemu dengan seseorang yang bertanya obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk dimana ya bisa mendapatkannya…. Saya tidak tahu, malah bingung ditanya begitu. 

Akhirnya saya jawab tidak tahu karena memang saya tidak tahu sama sekali. Saya hanya tukang bersih kalau ditanya obat sendi ya bingung parah. Entah, gak mudeng sama sekali. 

tapi satu pekan setelah itu saya bertemu dengan seorang kawan dokter. namanya zana. asli orang minang yang pertama kali bertemu di jakarta. 

zana seorang tenaga medis di salah satu RS besar di Jakarta. daripada saya, dia adalah tenaga kesehatan yang bisa saya tanya tentang apapun apalagi tentang sendi. 

Katanya, sendi merupakan bagian penting bagi manusia. kalau tidak ada sendi, akan sangat sulit bergerak. kenapa? karena sendi merupakan bagian penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita dapat beraktivitas bebas tanpa ada masalah. tidak mengalami sakit saat menekuk, berlari, dan mengerjakan aktivitas lainnya. 

hal itu, kata zana, karena pada sendi terdapat cairan sinovial yang memiliki fungsi sebagai pelumas dengan begitu gerak tulang kita tidak ada hambatan dan tidak ada keluhan sama sekali. 

kemudian saya bilang lagi ke zana, “ Kalau cairan sinovial itu tidak ada bagaimana?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, berkurang sedikit saja bisa menyebabkan sakit yang terasa sangat lebih - lebih tidak ada. 

Itu mengapa peranan sendi itu sangat penting. kalau sendi bebas bergerak, sendi bisa bergerak kemana saja sesuai keinginan. tapi kalau sudah sakit, kayaknya mau istirahat saja. tidak mau kemana - mana. 

memang benar saat sendi mengalami peradangan, aktivitas yang kita kerjakan pun sedikit. pengen melakukan sesuatu kita kesulitan. 

macam - macam kendalanya, ada yang bisa beraktivitas karena ringan, maksudnya masih bisa bergerak tapi terbatas. ada yang karena aktivitasnya terganggu total. tidak bisa bergerak dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Gabut juga apa - apa harus gimana. hanya di tempat. semua serba terbatas. bergerak pun sakit. 

 

dan begitulah pentingnya sendi. rupanya sendi memiliki banyak hal penting untuk setiap kita masing - masing. Dapat melakukan banyak hal sampai saat ini juga karena tugas yang dijalankan sendi berjalan dengan baik. 

Dengan sendi yang baik ada begitu hal luar biasa yang bisa kita lakukan. pengen pergi kemana ayo saja. 

yang penting sendinya sehat. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak mau diajak kerjasama. yang semestinya kita bisa beraktivitas tinggi, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum mengupas sendi itu bagaimana, saya hendak cerita terlebih dulu mengenai zana teman saya ini. Dengan ilmu medis yang dimilikinya, saya yakin membantu banyak orang. 

zana orangnya baik banget. awal kali bertemu, orangnya humble dan lembut ketika senyum merekah. Apalagi jika sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya menjadi lebih manis dan menawan. 

Lembut sekali kata - kata yang keluar dari zana, berbicaranya seolah berbisik padahal jelas. suaranya merdu dan menyejukkan. Kalau sudah berbicara, seperti angin yang menyapu wajah kita, adem dengernya. 

Paras zana indah sangat seperti purnama yang terang benderang. seterang itu namun tak silaukan mata yang memandang. Dipandang menentramkan, semakin dipadang semakin bergejolak rindu, semakin dalam kenangannya, semakin pula melibatkan hati yang ikut meleleh. 

Lembut saat kedua tangannya menyapa kulitku, halus kulitnya sebagaimana tutur katanya. Jika menggapai punggung tangan, seperti meraih sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Suka menderma orang kesusahan, lalu dari tangannya akan menghulurkan seberapa tapi amat berharga 

Back to ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Ada banyak hal yang membuat sendi sakit. Bukan hanya satu, tapi berbagai sebabnya. Dan kali ini kita akan mengupasnya sebagian. 

Ini Dia penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah mengalami radang sendi? misal pernah sakit sendi hanya saja tidak tahu apakah sakit yang dirasakan bernama sakit radang sendi atau bukan, kamu bisa mencari tahu penjelasan teman saya ini berikut. 

Radang sendi biasanya menyebabkan bengkak dan rasa panas sensasi. Rasanya sakit seperti senut - senut. Seakan darah hanya berhenti disitu, tidak ada siklus. 

Siapa saja bisa mengalami radang sendi Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, bukan hanya menggunakan obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga merupakan salah satu untuk mengatasi sendi. 

Jika kita sering konsumsi makanan yang baik untuk sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, apapun yang ingin kita lakukan pun bisa terpenuhi tanpa kendala. Sebanyak apapun mobilitas kita akan tetap mendukung. 

Jadi, jika selama ini kamu berpikir bahwa apa yang kita makan tidak berpengaruh, maka kamu salah besar. nyatanya apa yang kita makan sangat memiliki dampat terhadap kondisi suatu penyakit. 

Kalau kita sering makan makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun pasti perlahan akan membaik dan terkondisikan. Apa yang kita makan pasti terdapat nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu mengobati sendi yang bermasalah. 

Nah, yuk ketahui apa saja makanan yang mendukung perbaikan untuk sendi. Harapannya ketika kamu bisa membedakan jenis makanan yang sesuai dan baik untuk sendi, kamu dapat mulai mengkonsumsinya. 

Jangan kemudian begitu mengetahui makanan ini baik untuk sendi tapi malah tidak mau memakannya. Lalu untuk apa jika seperti itu?. Pada akhirnya nanti akan menjadi sia - sia dan kondisi pun tidak akan berubah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan tetap mengeluh kalau sendi sakit. apa - apa mengeluh dan mengaduh. Bahkan saking tidak bisa menahan sendi yang sakit akhirnya air mata jatuh menahan sakit. 

 

Dibawah ini makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna seperti jeruk, anggur, bluebery, strowebery dan jenis buah lainnya yang bagus untuk sendi. Konsumsi secara rutin salah satu dari banyak buah yang disarankan. 

enak sebenarnya.. konsumsi buah tapi bisa sekaligus mengobati dan mencegah sakit sendi. Enak seperti itu daripada musti banyak minum jenis obat. Rasanya pahit, efek sampingnya ke ginjal juga mengkhawatirkan, dan lainnya

Banyak buah yang ditemui diatas mudah ditemui. Coba saja pergi ke pasar terdekat atau tempat jual buah pasti ada dimana - mana. Jika kamu tinggal di area pegunungan, buah seperti strabery bisa kamu dapat dengan mudah. 

Untuk jenis buah yang umum bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti beli buah dalam pot dan taruh di depan rumah. Umumnya, tanaman buah dalam pot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan melalui proses cangkok. 

 

Susu

Yang harus dikonsumsi berikutnya adalah susu. susu baik untuk sendi dan tulang karena di dalam susu terkandung kalsium tinggi.

Terserah mau minum susu apa. mau susu kambing atau susu sapi semua sama saja mengandung kalsium. tapi bagi anda yang tidak tahan laktosa dapat meminum susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan diare. terutama anak kecil, susu kambing bersahabat untuk umur tersebut. 

susu kambing juga kandungannya hampir setara asi. sehingga bagi ibu yang anaknya masih memakai susu sambung, ada baiknya untuk memberikan susu kambing saja daripada susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, asupan vitamin D menjadi keharusan karena vitamin D sangat dibutuhkan tulang. Fungsi vitamin D untuk memperkuat tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

jangan khawatir cara memperoleh vitamin D sebab nutrisi tersebut diperoleh dengan sangat gampang dan gratis. Yang penting jangan malas. 

Vitamin D diperoleh dari sinar matahari. mudah bukan?!

Saat matahari mulai terbit naik sedikit duduklah di halaman rumah dari jam 7 - 8 pagi, kemudian berjemur pada rentang jam tersebut. 

Tips terbaik mendapat vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itulah diantara tips untuk mengatasi keluhan sendi. sebelum mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk dan obat untuk masalah sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "Sendi dan tidak bisa ditekuk"